Sang Pangeran


Sang Pangeran haruslah menjadikan dirinya ditakuti dengan cara dimana apabila dia tidak dicintai maka dia tidak boleh dibenci. Dan ketika dia harus menjatuhkan hukuman mati kepada seseorang, maka biarkanlah dia melakukan hal tersebut ketika ada alasan dan pembenaran yang cukup. Namun diatas segalanya, dia tidak boleh mengambil milik orang lain karena manusia lebih mudah melupakan kematian ayah mereka daripada kehilangan warisan dari ayah atau leluhur mereka.

————————–

————————–————-

Sang Pangeran juga harus menunjukkan dirinya cinta akan kekuasaan, memihak mereka yang memiliki kemampuan, dan menghargai mereka yang cemerlang dalam segala hal. Terlebih lagi, dia harus mendorong semua rakyatnya untuk mengikuti panggilan mereka tanpa bersuara, dalam bidang ekonomi ataupun pertanian, atau perdagangan yang dijalankan oleh pihak sekutu mereka, sehingga mereka dapat memperbanyak kekayaan mereka tanpa dihalangi suatu ketakutan akan penyerangan dari negara sekutu. Akan tetapi, Sang Pangeran juga harus memberikan hadiah kepada siapa saja yang melakukan hal ini, dan kepada siapa saja yang berusaha untuk memperbaiki kehidupan di kota atau negaranya. Selain itu, dia juga harus menyibukkan rakyatnya dengan festival dan pertunjukkan. Dan apabila setiap kota terbagi dalam kelas dan kelompok, maka dia harus memperhatikan semua kelas dan kelompok kelompok tersebut, membaur dengan mereka dari waktu ke waktu dan memberikan mereka contoh dari tindakannya yang berkemanusiaan dan baik. Akan tetapi dia harus selalu mempertahankan otoritasnya yang tidak dapat dibiarkan jatuh dengan alasan apapun.

————————–————————–——————

Ada 3 jenis kepintaran, yang pertama adalah mereka yang mengerti tanpa bantuan orang lain, yang kedua adalah mereka yang mengerti setelah ditunjukkan oleh yang lain, dan yang ketiga adalah mereka yang mengerti harus dengan bantuan dan penjelasan orang lain. Tipe yang pertama adalah yang paling baik, yang kedua juga baik, tetapi yang ketiga tidak berguna.

————————–————————–——————–

Setiap kali seorang Pangeran menentukan sesuatu hal yang dikatakan dan dilakukan oleh seseorang baik atau jahat, walaupun Sang Pangeran tidak memiliki kepintaran untuk itu, namun dia akan tetap dapat menilai seberapa baik atau buruk kerja yang telah dilakukan oleh menterinya dan membenarkan yang satu dan menyemangati yang lain.

————————–————————–———-

Keberuntungan berubah ubah dan manusia dapat mempertahankan dengan cara yang berbeda. Mereka akan berhasil apabila cara cara mereka sesuai dengan keadaan, namun ketika cara cara yang mereka gunakan bertentangan dengan keadaan, mereka tidak akan berhasil.

————————–————————–————

Lebih baik bertindak dengan cepat daripada bertindak dengan penuh pertimbangan karena keberuntungan itu seperti seorang wanita. Apabila anda bertujuan untuk menguasai dan menaklukkannya dengan kekerasan, maka anda harus cepat dalam bertindak. Anda akan melihat bahwa wanita akan membiarkan dirinya dikuasai oleh seseorang yang keras daripada dia yang bergerak dingin. Oleh karenanya, seperti seorang wanita, keberuntungan akan selalu berpihak kepada yang muda karena mereka memiliki lebih sedikit pertimbangan pertimbangan, lebih garang dan mampu menguasainya dengan keberanian yang besar.

————————–————————–—————

Manusia tidak segan segan memilih membela orang yang mereka takuti dibanding yang mereka cintai. Karena cinta diikat oleh rantai kewajiban dimana pada saat manusia telah mendapatkan apa yang diinginkannya, rantai kewajiban tersebut akan putus. Sebaliknya dengan rasa takut…

————————–————————–———-

Orang orang besar tidak mencapai kebesaran mereka karena keberuntungan, namun karena kesempatan yang diberikan kepada mereka dan bagaimana mereka membentuknya sesuai dengan keinginan mereka.
…..

Niccolo Machiaveli

– il Principe –
(sebuah buku filsafat politik pemerintahan realis murni yang sangat kontroversial, ditulis tahun 1513 sebagai hadiah Machiavelli terhadap keluarga kerajaan Medicci dan Raja Lorenzo)

About FJM

I am an eternal learner. Learn by reading and writing. It helps to make piece of information that I just learned linger in my head. That's good I also want to share my knowledge. Be it the simplest information, or even trivial. I have two sites, this one which I will mostly write in Indonesian and www.fjmurdiansyah.com which I am practicing to write in English. I hope we all could share ... anything.
This entry was posted in Political Issues and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s