Saya kecewa.. Ya sudahlah…Dirgahayu Republik Indonesia!!!!Merdeka!


Rasanya kok gusar ya melihat kenyataan baru berapa hari yang lalu negara kita merayakan Dirgahayu HUT RI tapi masalah aktual negara kita sungguh sangat menyedihkan…

Bulan agustus ini kayaknya terlalu bertubi tubi derita hati saya (pretttt!!). untuk ikut dengan gegap gempita sumringah sumringeh merayakan HUT RI…

Semua orang pasti sadar bahwa negara Indonesia memiliki potensi geographis, kepadatan penduduk serta kekayaan alam yang luas yang seharusnya bisa membuat siapapun rakyat Indonesia, termasuk saya, untuk berbesar hati, bangga dan optimistik dalam merayakan HUT RI ini. Tapi kenapa justru sebaliknya yang saya rasakan??apa yang kurang yang belom dimiliki Indonesia??

Beberapa bulan yang lalu saya tidak bisa membayangkan diri saya menulis, atau setidaknya berani berpikir seperti ini. Tapi hari demi hari, bulan demi bulan saya coba melihat, mengamati, merenung, berharap dan terus percaya namun ternyata memang benar saya sangat merasakan apa yang selama ini media masa gencar menuliskan hal ini: Rasa KECEWA..

Saya Kecewa atas banyak hal:
1. Saya kecewa adanya mutasi besar besaran jajaran kepolisian dengan 556 perwira berdasarkan Keputusan Kapolri No.KEP/479/VIII/2010 tertanggal 5 Agustus 2010. Hal mana telah menyebabkan pembengkakkan jumlah jenderal polisi menjadi 210 orang. Hal ini berbarengan dengan akan mundurnya Kapolri akhir tahun ini..kenapa saya kecewa??Tanya Ken-Napa..

2. Saya kecewa bahwa 2010 ini ternyata banyak orang yang menjadi tersangka kasus pidana korupsi tidak kehilangan hak politiknya untuk bertarung dalam pemilukada (bahkan mungkin terpilih kembali). Coba kita browse dan cari deh rekam jejak nama-nama berikut:.Moch. Salim (Bupati Rembang), Theddy Tengko (Bupati Kep. Aru,Maluku), Satono (Bupati Lampung Timur), Jamro H. Jalil (Wakil Bupati Bangka Selatan) dan Agusrin M. Najamudin (Gubernur Bengkulu). Mau jadi ada daerah2 kita kalau pemimpinnya begitu? Memang sih statusnya masih “tersangka” tapi dipilih kembali untuk memegang kekuasaan? Ah tak tau lah saya…

3. Saya kecewa karena 17 agustus identik dengan pemberian remisi. Lho? Pemberian remisi khan memang wewenang pemerintah dalam hal ini Kemhukham??Lalu kenapa musti kecewa???yah…tak taulah…saya memang lagi pengen kecewa saja! Gitu jawab saya. Seseorang bisa masuk kualifikasi pemberian bebas bersyarat setelah menjalani dua pertiga masa hukuman dan dikurangi remisi. Lalu, remisi untuk kasus terpidana korupsi, apa efek jeranya? Mantan Bupati Kutai Kertanegara, Syaukani Hasan Rais mendapat pengampunan dari Presiden. Aulia Tantowi Pohan, besan Presiden, juga sudah bebas bersyarat. Apa kita gak bisa untuk memperketat persyaratan pemberian remisi kepada para koruptor??Mana efek jeranya kalau korupsi milyaran dan triliunan rupiah cuman ditahan 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun???

4. Saya kecewa dengan kenyataan bahwa kita selalu kalah dengan negara tetangga.Misal: wilayah Indonesia di Biak sangat berpotensi untuk dijadikan Spaceport peluncuran satelit karena posisinya persis dibawah GSO namun kita tidak mengembangkan wacana ini. Malah coba lihat Singapura, Malaysia dan India yang justru malah serius mengembangkan spaceport di negaranya masing-masing untuk keuntungan optimal mereka dan untuk kepentingan nasionalnya. Kasus lain lagi, Vietnam misalnya, Amerika Serikat karena frustasi dengan perkembangan militer China kini menggandeng Vietnam sebagai sekutu dan memberikan konsesi kepada Vietnam dalam pembangunan reaktor nuklir dan memperkaya uranium sendiri. Dengan kemampuan ini Vietnam tinggal selangkah lagi menjadi kekuatan nuklir Asia seperti: China, Pakistan dan India. Indonesia bisa apa? Coba ambil peta dan liat posisi Indonesia dengan negara2 asia-pasifik yang sudah memiliki kemampuan nuklir (atau setidaknya sudah mampu membuat uranium sendiri deh). Kita mau apa? Takut dan selalu merasa dijajah dengan kemampuan inferior kita? Kita mampu lho padahalllllll…….

5. Saya gusar dan kecewa dengan insiden Malaysia menangkap, menyiksa petugas Indonesia dan menginjak-injak kedaulatan bangsa ini dalam insiden kapal patroli DKP vs Kapal Polis Marin Malaysia. Ya mau dibilang apa wong deterrence kita gak ada?sampai kapanpun Malaysia akan berani dan terus menginjak nginjak kita kalau kita tidak menaikkan profil pertahanan kita. Coba liat China, tahun 2010 ini anggaran militernya us$ 70,2 milyar, naik dari angka us$61,1 milyar pada tahun 2008. Mana berani Malaysia gegabah sama China dalam kasus Laut Cina Selatan? Beda lah sama kasus kita…

Jadi intinya apa? Apa sih kekurangan Indonesia? Semua kita punya. Gas alam ada. Tambang ada. Ikan ada. Mineral ada. Luas Wilayah Ada. Tenaga Kerja ada. Lalu apa yang kurang??

Pemimpin yang nasionalis dan berorientasi pada kesejahteraan rakyat dan memajukan martabat dan harkat martabat bangsa sepertinya yang kita belum punya.

Saya Kecewa..

-FJM-

About FJM

I am an eternal learner. Learn by reading and writing. It helps to make piece of information that I just learned linger in my head. That's good I also want to share my knowledge. Be it the simplest information, or even trivial. I have two sites, this one which I will mostly write in Indonesian and www.fjmurdiansyah.com which I am practicing to write in English. I hope we all could share ... anything.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Saya kecewa.. Ya sudahlah…Dirgahayu Republik Indonesia!!!!Merdeka!

  1. Isfan says:

    Bukan hanya pemimpin tetapi para antek2 nya yang menurut saya kurang bisa menjadi sosok pemimpin di masyarakat

Leave a Reply

