TNI dan Alutsista (dikutip dari harian Kompas tanggal 19 Oktober 2010, hal. 5)


Jakarta, Kompas – Walaupun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah berulang kali mewacanakan pentingnya pengembangan dan modernisasi persenjataan TNI, kenyataan berbicara lain. Sejumlah anggota DPR keheranan karena Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan tidak ada alokasi anggaran.

”Presiden diuji komitmennya ini, jangan salahkan pembantunya lagi,” kata Mayjen (Purn) Tubagus Hasanuddin, Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PDI-P, seusai rapat dengar pendapat dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana, dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/10).

Hasanuddin bercerita, dalam rapat tertutup tentang anggaran untuk alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI itu, Agus menyatakan, pihaknya tidak bisa memenuhi kebutuhan anggaran pertahanan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan pokok minimum alutsista. Sebagaimana yang direncanakan, untuk mencapai kebutuhan pokok minimum alutsista dibutuhkan Rp 157 triliun hingga 2014. Pemerintah hanya bisa menyediakan Rp 107 triliun hingga 2010. Namun, dalam berbagai kesempatan, termasuk saat pidato dalam rangka HUT TNI 5 Oktober lalu, Presiden Yudhoyono menekankan pentingnya pengembangan dan modernisasi alutsista TNI.

”Berkaitan dengan pembangunan kekuatan dan modernisasi alutsista TNI ini, pemerintah dengan dukungan DPR telah bersepakat untuk mengalokasikan anggaran yang lebih besar bagi sektor pertahanan,” demikian pidato Presiden di atas podium di Halim Perdanakusuma, 5 Oktober lalu. Komitmen serupa juga disampaikan dalam sidang kabinet.

Oleh karena itu, Hasanuddin menyatakan, ia heran kenapa Menteri Keuangan menyatakan hanya mampu mengalokasikan lagi Rp 2 triliun untuk kebutuhan pertahanan pada tahun 2011 dibanding kebutuhan yang Rp 11 triliun.

”Heran saya, padahal waktu menyalami anggota DPR 5 Oktober lalu, Presiden bilang, DPR tolong dibantu yah soal alutsista ini. Mana komitmennya, sementara DPR sudah aklamasi,” kata Hasanuddin.

Senada dengan Hasanuddin, Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PKS Mahfudz Siddiq menyoroti konsekuensi jalan panjang pada kedaulatan negara kalau kebutuhan anggaran alutsista ini tidak dipenuhi. Menurut dia, kalau pemerintah hanya mampu memenuhi Rp 2 triliun dari kekurangan Rp 11 triliun pada 2011, seluruh rencana pemenuhan kebutuhan alutsista akan mundur.

”Menkeu merasa keuangannya terbatas. Ia mengusulkan adanya kesepakatan nasional. Padahal, saya pikir kesepakatan nasional bisa dibentuk di forum ini karena sudah ada pemerintah dan parpol,” ujarnya.

Menurut catatan Kompas, wacana tentang alutsista ini berkaitan dengan pentingnya menjaga kedaulatan, terutama secara ekonomi dari pencurian dan perebutan sumber daya alam Indonesia.

Dihambat birokrasi

Mahfudz mengutip pernyataan Menkeu yang menyatakan, ia masih dihambat proses birokrasi dan harus berkonsultasi dengan banyak pihak. ”Instruksi presiden sudah jelas, nah ini kenapa menteri tidak bisa laksanakan untuk anggaran 2011,” kata Mahfudz yang juga menjelaskan, kesepakatan anggaran akan jatuh pada tanggal 26 Oktober mendatang.

Mengenai hal ini, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyatakan, TNI mengharapkan, rencana strategis tentang kebutuhan pokok minimum bisa dilaksanakan. ”Kami sudah siapkan daftarnya, tinggal gimana kemampuan pemerintah berapa, berdasarkan prioritasnya,” kata Agus. (EDN)

oooOOOooo

About FJM

I am an eternal learner. Learn by reading and writing. It helps to make piece of information that I just learned linger in my head. That's good I also want to share my knowledge. Be it the simplest information, or even trivial. I have two sites, this one which I will mostly write in Indonesian and www.fjmurdiansyah.com which I am practicing to write in English. I hope we all could share ... anything.
This entry was posted in Political Issues. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s