Hanya BONUS


Hari ini, Jumat, 27 Desember 2013, aku sukar untuk terlelap. Benar kata orang bahwa kehidupan PhD akan merenggut ‘sedikit bagian’ dari hidupmu. Ada sedikit kebebasan yang terlepas dariku. Diambil begitu saja.

Dalam sepinya malam pun pikiranku melayang. Bisa kah aku melalui nya? Bisa kah aku melakukannya?

Ide sebenarnya adalah sosok yang mengerikan. Engkau tidak akan pernah bisa menahannya begitu ia muncul. Liar, buas, dan ganas. Akal sehatmu kadang mengatakan tidak mungkin. Namun ide akan selalu menantang ego mu..menantang keyakinan mu..menantang dirimu…tinggal terserah kita mau kita apakan ide itu. Kita kubur? Kita ikat? Kita lepas? Atau kita tuntun?

2 bulan lagi..Februari 2014 aku dibayangi oleh bayangan kegagalanku. Getir dan takut rasanya. Karena separuh hatiku mengatakan tidak mungkin. Aku sekali lagi mengumpulkan sedikit waktu untuk berkata kepada anak dan istriku : ” Ini hanyalah sebuah bonus. Tapi kita musti bangkit dan lawan rasa takutmu. Kalaupun gagal ya sudah..namanya saja bonus….”

Aku sepertinya tahu apa yang ada di depanku. Perlahan-lahan aku mempersiapkan diri untuk menerimanya. Namun setiap kali aku melihat mata itu…senyum itu..api semangatku menyala. Iya nak, ayah tidak akan menyerah. Ini semua untuk mu. Untuk kita. Yang lain hanya bonus.

Bismillah. Hanya dengan ridha Allah SWT aku bisa melewati ini semua.

27 Desember 2013 09.03 am Clayton – Victoria Austrlia time.

 

About FJM

I am an eternal learner. Learn by reading and writing. It helps to make piece of information that I just learned linger in my head. That's good I also want to share my knowledge. Be it the simplest information, or even trivial. I have two sites, this one which I will mostly write in Indonesian and www.fjmurdiansyah.com which I am practicing to write in English. I hope we all could share ... anything.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

