Idola


Sesungguhnya ketika kita mengidolakan seseorang apa sih yang terbersit di dalam pikiran kita? Kekaguman pada karakter tersebut kah atau justru merupakan keingin tahuan kepada karakter tersebut?

Menurutku, bisa dua-dua nya. Seorang idola buatku adalah seperti aku melihat representasi diriku sendiri tetapi di dalam versi yang sangat-sangat ideal sesuai dengan latar belakang dan masawaktu kehidupan kita. Aku memahami idola sebagai sosok ideal yang mungkin aku belum bisa capai…sosok ideal yang aku belum tentu bisa capai…atau sosok ideal yang memenuhi semua angan bawah sadar kita tentang seperti apa seharusnya kita berlaku di dalam kehidupan sosial kita pada saat atau masawaktu tertentu.

Dulu, ketika masih SMA aku sangat mengidolakan Dennis Rodman, pemain basket Chicago Bulls yang merupakan tandem Michael Jordan dan Scottie Pippen. Barangkali karena pada masawaktu ini mendambakan kebebasan. Maklum, masa SMA masa bermain. Sebagai remaja pada umumnya barangkali bayangan saya pada saat itu dipenuhi hasrat untuk bermain basket…bermain musik..bermain skate dan sebagainya…Hal ini berubah ketika pada masa kuliah saya mengidolakan Abraham Lincoln, mungkin pada masawaktu ini aku begitu terpesona dengan pandangan pandangan kesetaraan hak antara kulit putih dan kulit hitam. Fenomenal sekali. Saat itu aku berpikir “ini Abraham pahala nya banyak sekali ya!”. Hehe

Ya begitulah, mungkin saja. Saat ini idolaku adalah ayah ku sendiri. Mungkin karena pada masawaktu saat ini aku telah memiliki seorang putra dan barulah kusadari beratnya tanggung jawab ayah ku ketika membesarkanku dulu. Ideal-ideal dan harapan-harapan atas sosok ayah yang baik ya aku bercermin pada ayah saya. Atau saat ini aku merasa aku belum bisa seperti ayah  sebagaimana dulu beliau membesarkanku.

Mungkin itulah idola. Ekspektasi-ekspektasi bawah sadar kita yang terwujud dalam suatu individu yang barangkali sempurna bagi latar belakang dan masawaktu tertentu kita semua…

Kalau idolamu siapa?

 

About FJM

I am an eternal learner. Learn by reading and writing. It helps to make piece of information that I just learned linger in my head. That's good I also want to share my knowledge. Be it the simplest information, or even trivial. I have two sites, this one which I will mostly write in Indonesian and www.fjmurdiansyah.com which I am practicing to write in English. I hope we all could share ... anything.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Idola

  1. Istanamurah says:

    idola ane the doctor gan kalau dari hal balap motoGP lho ya.. hehe

  2. Halomurah says:

    kalo idola saya mengidolakan bung rhoma irama gan kalo penyanyi

Leave a Reply

